Kesalahan Blogger Yang Harus diperbaiki

Berbicara tentang blog tidak terlepas dari yang namanya menulis dan meningkatkan trafik blog, kecuali si penulis hanya menjadikan blog sebagai media curhat pribadinya saja. Terlepas dari semua itu masih banyak ditemukan kesalahan-kesalahan para blogger yang terus dilakukan sampai detik ini. Untuk itu pada artikel ini saya akan menjelaskan kesalahan-kesalahan blogger yang harus diperbaiki agar tidak terjadi lagi di lain hari.



Sumber img "bloggerautodidacte.com"












#Membuat Judul Tidak Sesuai Topik

Sering saya temui saat mencari berita dan informasi di internet terjerumus dalam sebuah website/blog karena berawal dari rasa penasaran. Setelah masuk di blognya ternyata apa yang saya cari tidak ada hubungannya sama sekali dengan yang tertera di halaman pencari google, seperti yang ditulis oleh para blogger. Mereka membuat judul artikel di mana isinya tidak sesuai dengan topik yang dibahas, saya katakan ini merupakan sebuah PENIPUAN. Mengapa mereka melakukan itu?, jawabannya sederhana, karena ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung agar blognya ramai seperti di pasar. Apa keuntungannya?, jika blognya banyak dikunjungi tentu akan mendapatkan kepuasan tersendiri bagi dirinya dan bisa juga mendapatkan royalti dari iklan yang ia pasang di blog. Mungkin teman-teman juga pernah mengalami hal seperti saya, saat mencari sebuah  artikel di google tapi malah terjerumus ke dalam blog penipu. Manis di awal perih di kemudian hari, dan siap-siap blog akan sepi dari pengunjung, apabila terus melakukan penipuan seperti itu, karena pembaca tidak suka. Bila ingin blog ramai pengunjung, buatlah sebuah judul menarik yang dapat membuat penasaran bagi pembaca, tapi judul yang dibuat tidak keluar dari topik yang dibahas.


#Terlalu Bertele-tele

Menyambut pembaca itu sangat bagus menurut saya, tapi apa jadinya jika terlalu bertele-tele dan panjang lebar sehingga membuat para pembaca menjadi malas membaca sampai tuntas. Bisa saja pembaca menutup laman dan mencari artikel lain di halam pencari  sesuai dengan apa yang di harapkan. Walaupun isinya tidak keluar dari topik yang di bahas, tetapi karena penulis terlalu bertele-tele dalam penyampainnya, tentu akan mempengaruhi pembaca. Yang tadinya akan membahas suatu topik, malah tersampingkan karena yang dibahas lebih banyak curhatnya dari pada isi yang akan dibahas. Untuk teman-teman yang mempunyai tipe seperti ini, mulai dari sekarang segeralah bertaubat, kalau tidak ingin ditinggalkan oleh pembaca. Karena pembaca lebih dominan tidak suka sama tipe yang suka betele-tele dan lebay.


Baca Juga 6 situs yang wajib kamu kunjungi untuk belajar blog


#Terlalu Fokus Pada Seo

Seo sangat baik untuk mengoptimalkan blog, agar blog tidak sepi dari pengunjung. Tetapi masih banyak para blogger yang salah dalam cara penggunaanya. Mereka jadi terlalu fokus pada seo daripada konten blog yang seharusnya banyak diisi artikel. Walaupun judul artikel anda nangkring di halaman pertama mbah google, semuanya percuma saja jika tidak menarik di mata pengunjung, mereka tidak akan membuka artikel anda. Lakukanlah pengoptimalan blog dengan cara seo setelah konten dalam blog anda sudah banyak. 


#Copy Paste

Kesalahan selanjutnya adalah masih banyak ditemukan para pemilik blog dimana isi dari kontennya kebanyakan dari hasil copy paste dari blog orang lain. Apa yang harus dibanggakan apabila konten artikel di blog anda hampir semuanya hasil dari  copas. Bila ingin mengutip salah satu artikel dari orang lain rubahlah dengan bahasa anda sendiri, jangan sampai semuanya di copy lalu dipublikasikan di blog tanpa menyertakan link sumber penulis. Bila pengguna adsense selalu memakai cara ini, maka siap-siap, jika sampai ketahuan maka akun adsense anda akan dinonaktifkan oleh pihak google adsense.  


#Widget Yang Berlebihan

Kecepatan blog saat dibuka sangat mempengaruhi bagi para pengunjung. Apabila blog anda saat dibuka terlalu lama menampilkan konten (loading), maka jangan heran jika suatu saat ditinggalkan oleh para pengunjung, jika tidak segera memperbaikinya. Blog yang loading biasanya terlalu banyak memasang widget di blog, seperti memasang widget musik, visitor statistic, widget animasi, dan masih banyak jenis  lainnya, yang memang tidak terlalu penting untuk  dipasang pada blog. Saran saya lebih baik  dihapus segera mungkin, untuk kebaikan blog anda.


Seorang pembaca yang baik dan budiman, selalu meninggalkan komentar dibawah postingan. Semoga artikelnya bermanfaat. 

Artikel Lainnya

Comments