Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Shortlink (pemendek url)

Shortlink  adalah sebuah situs yang menyediakan jasa pemendek url. Dengan memakai shortlink, url yang tadinya sangat panjang akan menjadi pendek, namun tetap apabila diklik maka akan menuju halaman yang dituju. 










#Kelebihan Shortlink

1. Bisa menghasilkan uang

Shortlink dimanfaatkan oleh para blogger untuk menghasilkan uang tambahan dari blognya dengan cara memperpendek url, setiap ada orang yang mengklik url yang telah mereka perpendek maka akan mendapatkan rupiah/dolar. Shortlink sering kita temui di situs-situs download seperti situs lagu gratis, film, sofware, aplikasi, dan lain sebagianya. Bahkan dari shorrtlink saja kita bisa menghasilkan puluhan sampai ratusan juta rupiah bila kita tekuni.

2. Lebih Rapi

Dengan menggunakan shortlink, tentunya url yang panjang akan terlihat lebih rapi dan simple. Jika kita sering menampilkan url yang panjang di blog, mulai sekarang bisa menggunakan shortlink, agar url lebih pendek dan enak dilihat pembaca.

3. Dapat dipantau

Selain itu adapula url yang telah kita perpendek dapat dipantau jumlah klik setiap harinya. Tapi tidak semua situs menyediakan itu. Pada situs adf.ly setiap url  yang telah kita short bisa dipantau, itupun jika anda telah terdaptar sebagai member. 




#Kekurangan Shortlink


1. Link Rusak

Url bisa saja rusak atau tidak bisa dibuka setelah di perpendek melalui situs penyedia shortlink. Maka kita harus jeli dan teliti untuk memilih situs shortlink yang terpercaya dan tidak spam. 

2. Membuat Bingung Pengunjung

Sisi buruk dari url yang di shortlink kadang akan membuat pengunjung bingung. Karena ada saja yang menggunakan nya dengan cara yang tidak bijak, dalam satu url bisa saja menggunakan dua atau lebih url yang di perpendek. Mereka biasanya ingin mendapatkan uang lebih dari pengunjung dalam satu  url. Pengunjuung pasti akan merasa kesal dan dipermainkan.  Blog yang seperti itu lama-kelamaan akan ditinggalkan pembaca. 

3. Terlihat Seperti Pengemis

Bagi yang sudah tahu, mereka pasti mengira blog tersebut terlihat seperti pengemis. Bagaimana tidak, setiap url yang diklik pasti blog yang menggunakan jasa shortlink seperti adf.ly akan mendapatkan dolar. Sebagai pembaca pun kita harus lebih mengerti, karena nge blog itu membutuhkan tenaga, pikiran,  dan juga uang. Pembaca mendapatkan apa yang dia cari, begitu pun yang memberikan artikel mendapatkan keuntungan dari pembaca yang telah mengklik url yang telah di shortlink.


Dibawah ini situs-situs penyedia shortlink :

  • adf.ly
  • bit.ly
  • goo.gl
  • tinyurl.com
  • snipurl.com
  • shortn.me
  • is.gd
  • go-short.me




Catatan untuk pengunjung :

Hargailah para blogger yang menggunkan jasa shortlink, karena membuat artikel itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Disana ada tenaga yang terkuras, ada uang yang dikeluarkan, dan ada waktu yang dikorbankan. Bila memang ada blogger yang menggunakan url yang di shortlink itu membuat bingung dan mempermainkan, tinggal tinggalkan saja, tanpa harus mencaci maki. 

Catatan untuk blogger :

Bagi anda yang di blognya menggunakan shortlink, gunakanlah dengan bijak. Jangan membuat bingung pengunjung dengan cara mengajak berkeliling di url anda yang telah di shortlink yang tidak ada ujungnya. Karena akan memperburuk citra blog anda. 


Semoga artikel yang saya bahas dapat menambah wawasan anda. Bila anda suka artikel ini, silahkan di share, saya akan merasa senang sekali. 

Artikel Lainnya

Comments