Tips Hindari Konsumsi Gula Berlebih

Hampir sebagaian orang menyukai makanan atau minuman manis. Akan tetapi, jika berlebihan hal ini akan berdampak dapa kesehatan. Minimalnya, akan menimbulkan jerawat. Diketahui atau tidak, jerawat merupakan hal yang paling tidak disukai oleh perempuan. 





So, untuk para ladies...  makanan dengan kandungan gula tambahan akan memperparah jerawat terinfeksi. Keadaan ini, sebenarnya diperparah ketika bulan puasa. Di mana ladies, akan banyak menemukan makanan dengan kandungan gula yang sangat banyak. Misalkan, untuk berbuka cukup dengan mengkonsumsi buah atau kurma dan air teh.

Untuk minuman dalam kemasan, perlu diketahui kandungan gula dalam minuman kemasan cukup tinggi. Bahkan, melebihi dari asupan gula yang diperlukan. Untuk mengkonsumsi kolak, sebenarnya jangan terlalu sering. 


Ketika mengkonsumsi karbohidrat, perlu diingat untuk menghindari makanan yang mengandung klikemik cukup tinggi. Seperti kentang, nasi dan roti. Dia menghimbau agar ketika makan harus memperhatikan kandungan nasi yang dimakan.

Jangan sampai melebihi 40 persen dari seluruh asupan makanan. Dia juga mengingatkan agar tidak mengkonsumsi pemanis buatan. Ketika bulan puasa, lanjut dia, makanan yang baik untuk tubuh banyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Di mana dalam makanan tersebut, rasa manis yang didapat tidak akan menimbulkan lonjakan insulin dalam tubuh.

Makanan yang mengandung gula dalam akan meningkatan kadar insulin dalam tubuh.  Kadar insulin yang bertambah, ternyata tidak terurai menjadi energi. Melainkan akan mengubah protein dan hormon tertentu yang memproduksi jerawat.

Khususnya untuk gula pasir, apabila konsumsi gula berlebih akan menyebabkan meningkatnya gula darah. Itu akan menyebabkan produksi lemak didalam tubuh dapat meningkat. Dan telah diketahui bahwa lemak bisa menjadikan kondisi jerawat menjadi lebih parah.


Penulis : Nurdiani Latifah

Artikel Lainnya

Comments