Tips Mendaki Gunung Untuk Perempuan

Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Tak jarang aktivitas ini diasosiasikan dengan kamu laki-laki. Namun, jangan salah, perempuan modern sepertimu pun tetap bisa melakukan aktivitas luar ruangan yang seru ini. Yuk, simak tips mendaki gunung untuk perempuan berikut ini:






Perhitungkan Waktu Haid

Memperkirakan waktu haid untuk perempuan yang akan mendaki sepertinya adalah hal yang paling wajib. Terkadang, haid mengganggu sejumlah perjalanan yang telah direncanakan. Nah, ketika naik gunung lalu haid, apakah akan kembali turun? 

Rasanya ini tidak mungkin. Jadi, sebelum berangkat harus melihat kalender. Mencari tanggal turun haid. Jika, mendaki dekat dengan tanggal haid, harus disiapkan pula peralatan lainnya. Terutama pembalut. Untuk perempuan yang sedang haid, pembalut sangat diperlukan. Untuk pembalut, sebaiknya membawa pembalut yang agak panjang. Hal ini mengantisipasi agar haid tidak bocor di jalan. Siapkan juga pembalut untuk beberapa hari ke depan. 

Hal lainnya, cukup membawa air kelapa atau jamu kunyit asem. Jamu jenis tersebut saat ini sudah banyak tersedia di minimarket. Baik dalam bentuk cair atau serbuk. Lebih baik membawa jamu kunyit asem yang serbuk. Hal ini dilakukan untuk menghindari bawaan barang-barang yang berat. Siapkan empat hingga enam bungkus. Dalam sehari, bisa diminum sekali saja. Hal ini juga dapat membantu mengurangi mood yang kurang baik selama haid.  


Persipan Fisik Harus Dilakukan Jauh-Jauh Hari

Fisik mutlak harus disiapkan. Jangan lupa setiap gunung punya karakter masing-masing. Cara mendakinya pun berbeda-beda, begitu juga dengan waktu pendakian. Latihan fisik secara rutin dapat membuat tubuhmu lebih siap menghadapi kondisi pendakian.


Jangan Membawa Hal yang Tidak Penting

Tidak perlu ribet, yang harus kamu bawa adalah makanan, pakaian secukupnya, obat pribadi, makeup, pewangi dan alat mandi. Untuk pakaian, siapkan saja dua baju dan satu celana sebagai persiapan.


Tas dan Jas Hujan Anti Air

Pendaki harus membawa tas yang kedap air dan jas hujan untuk menghindari perjalanan terhenti ketika hujan turun. Pilih tas punggung yang sesuai dengan ukuran badanmu. Pastikan tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Untuk jas hujan, letakkan di tempat yang mudah diambil, sehingga sewaktu hujan kamu bisa mengambilnya dengan mudah.


Penulis : Nurdiani Latifah

Artikel Lainnya

Comments