Youtube Bangkrut? Lihat Penjelasannya disini

Saya adalah penonton setia youtube, hampir setiap hari membuka youtube untuk melihat video-video dari chanel yang saya subcribe. Per tanggal 7 april ada yang dirasa beda dari youtube, biasanya pada saat saya akan menonton video selalu ada iklan yang diselipkn di awal video atau berupa iklan hamparan ditengah, tapi tiba-tiba iklan tidak muncul, padahal video tersebut sudah lumayan banyak dilihat orang, saya pun mencoba meng klik video lainnya disebelah kanan yang disarankan oleh youtube, ternyata hasil nya sama, iklan tidak lagi muncul di video. Rasa penasaran saya kian memuncak, setelah kesana kemari mencari informasi terkait hal ini, saya pun mendapatkan jawaban langsung dari pihak youtube. Seperti inilah peraturan barunya "Setelah tanggal 6 April 2017, channel yang kurang dari 10.000 penayangan, tidak dapat menampilkan iklan di video mereka. Pelajari lebih lanjut tentang perubahan terbaru program partner youtube di blog kreator youtube". 




Saya sebagai pendukung para youtuber yang mencari uang di youtube dari hasil iklan yang tayang di video mereka, meraskan kesedihan juga. Bagimana tidak, mereka susah-susah membuat video tapi tidak mendapatkan apa-apa, apalagi youtuber pemula yang masih sedikit viewers nya, lemes deh mereka. Youtube tidak menjelaskan secara detail terkait iklan akan muncul setiap 10.000 penayangan, apakah itu untuk satu video atau keseluruhan video pada chanel youtuber, saya kurang tahu untuk masalah itu. 

Apakah ini akhir dari Youtube? simak penjelasan singkat dibawah ini :



#IKLAN KADANG MUNCUL KADANG TIDAK

Meskipun pada keterangannya iklan akan muncul di video yang sudah mencapai 10.000 penayangan, tapi ada juga iklan yang tidak tayang walaupun sudah mencapai 1000.000 viewers lebih, hal ini sudah saya buktikan sendiri. Malahan  yang muncul sekarang adalah iklan berupa obat-obatan, bila kamu membuka youtube menggunakan pc dan memakai data internet lokal, bisa dilihat sendiri. 


#SPONSOR BERKURANG

Sponsor adalah penghasilan utama youtube, dia bekerja sama dengan youtube dengan cara menayangkan iklan mereka di youtube agar banyak dilihat banyak orang, apabila iklan nya banyak yang melihat, jelas akan mendapat keuntungan besar bagi perusahaan. Dengan menjamurnya tangan-tangan jahil yang reupload video dan lolos monetisasi, tentu iklan yang tayang tidak tepat sasaran, juga semakin banyaknya video ekstrim sangat tidak mengindahkan bagi pengiklan. Oleh karen itu banyak perusahaan-perusahaan besar  yang mencabut kerjasama dengan youtube, karena merasa sangat dirugikan.


#YOUTUBERS MENJADI TIDAK SEMANGAT

Membuat video setidaknya harus ada alat pendukung, diantaranya kamera, baik kamera handphone maupun kamera dslr, komputer (untuk tahap pengeditan dll), Data Internet (untuk upload video). Bila yotube benar-benar bangkrut, imbasnya akan kena pada youtuber, mereka bisa jadi tidak semangat lagi membuat video, karena tidak ada pemasukan dari hasil video. 



Saya yang tadinya semangat akan menjadi youtuber tiba-tiba menjadi lemas. Bila hari-hari kebelakang iklan muncul di video yang telah dimonetisasi walaupun viewers nya sedikit, sekarang kita tidak bisa mimipi lagi. Tapi untuk yang bermental baja dan sudah lama menjadi youtuber, tetap semangat untuk membuat video-video yang selalu kami rindukan.


Mungkin bagi penonton tidak adanya iklan yang muncul di video youtube akan merasa senang, tapi lain halnya dengan youtuber yang merasakan kesedihan, penghasilan mereka dari youtube turun drastis, bagai disambar petir disiang bolong. Saya tidak tahu kapan ini akan berakhir, apakah suatu saat perusahaan-perusahaan besar akan kembali bekerjasama dengan youtube atau tidak, biarkan waktu yang akan menjawabnya. 







Artikel Lainnya

Comments